Mengenai Saya

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jawa Timur didirikan pada tanggal 21 Pebruari 1961 dengan Surat Keputusan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 167/SK/XI/66. Tujuan Kami, Mengembangkan Perdagangan Internasional (Ekspor) , Menggiatkan Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) dan Industri, Optimalisasi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia , Meningkatkan Pendapatan Devisa Ekspor Non Migas. Visi dan Misi Kami, Meningkatkan Sumber Daya Manusia , Memperluas Jaringan Pemasaran , Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global , Meningkatkan Nilai Tambah Produk Ekspor

05 Juni 2009

PELUANG EKSPOR JAMBU MENTE


Salah satu komoditas perkebunan yang cukup penting dalam menyumbang perolehan devisa negara adalah biji jambu mente (cashew nut). Ekspor biji jambu mente dari Indonesia telah mencapai 57 ribu tondengan nilai US$ 37.643.586,20. Adapun luas areal tanaman jambu mente
di Indonesia sekitar 499.279 ha dengan produksi 76.656 ton pertahun.
Di Indonesia, biji jambu merupakan salah satu komoditas yang tidak diatur tata niaganya oleh pemerintah, sehingga harga biji jambu mente di tingkat petani ditentukan mekanisme pasar bebas. Petani juga bebas menjual hasil panennya kepada para pedagang pengumpul, baik berupa biji berkulit (gelondong) maupun biji tanpa kulit (kacang mente). Hal ini sebenarnya merupakan salah satu kendala dalam penerapan pola kemitraan terpadu untuk meningkatkan produksi komoditas biji jambu mente. Namun demikian sudah ada beberapa pengusaha (eksportir) jambu mente yang telah berhasil menerapkan kemitraan dengan petani, khususnya dalam hal pembelian hasil panen jambu mente untuk di ekspor.
Industri pengolahan jambu mente di Jawa Timur masih mengandalkan pasokan dari daerah pengahasil jambu mete di luar jawa seperti Kendari, pulau Raha dan Flores.
Dilain pihak para importir biji jambu mete dari India langsung terjun kesentra-sentra produksi tersebut diatas, sehingga industri di Jawa Timur harus bersaing dengan mereka.
Untuk menunjang industri yang ada di Jawa Timur dahulu mengandalkan tanaman jambu mete di darerah Japanan, Mojosari dan sebagioan Madura tetapi areal dan produksinya semakin berkurang.
Oleh karena itu GPEI Jawa Timur merekomendasikan digalakkannya pengembangan tanaman jambu mete oleh para petani di daerah jalur lintas selatan dan madura disamping tanaman kayu-kayuan yang diperlukan untuk menunjang sektor industri furniture.

Kulit Biji Mete Dapat Jadi Perekat Furnitur
Selama ini, jambu mente sebagian besar diambil oleh importir India dalam bentuk gelondong yang kemudian diolah di India, baik berupa biji mente kupas maupun kulit atau cangkang mente.
Untuk itu, petani jambu mete diminta mengekspor biji mete tanpa kulit bijinya, selain karena biji mete kupas harganya lebih bagus, kulit biji jambu mete ternyata bisa menjadi pengganti bahan baku perekat kayu dan furniture yang selama ini memanfaatkan minyak bumi.
“Sebagai negara pengekspor furniture utama dunia yang butuh bahan perekat melimpah, minyak nabati yang terbarukan lebih baik daripada minyak fosil yang suatu saat akan habis,” kata Dr Budhijanto, Peneliti dari jurusan Teknik Kimia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.
Minyak nabati yang mengandung Fenol Formaldehid cukup bermutu jadi bahan baku perekat kayu dan furnitur, namun percobaan yang telah dilakukan masih harus dicampur dengan 60 persen minyak bumi.
“Saya ingin membuatnya jadi 100 persen minyak kulit biji jambu mete, tanpa campuran minyak fosil,” katanya.
Ditanya mengapa harus dari kulit biji mete yang kurang melimpah di Indonesia, ia menjawab, Fenol Formaldehid itu sendiri sejauh risetnya hanya ada pada minyak kulit biji mete, tak ada di minyak kelapa atau di minyak biji jarak.
Ekspor biji jambu mete Indonesia menurut dia mencapai 57 ribu per tahun dan hanya 3.300 ton per tahun yang dikupas, padahal ketika biji mete dikupas harganya langsung naik. (*)

Redaksi

87 komentar:

  1. Pak, mohon informasi untuk eksport kulit jambu mente apa bisa?
    Terimakasih,
    Beny (085254222237 email a2.afianto@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
    2. perusahaan saya biasa export mete dengan kwalitas dan harga baik
      hubungi saya 089630836360

      Hapus
  2. orang tua saya bisnis kacang mete.minta kerjasama bapak...
    email:veranikanovitasari@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menjual mete gelondongan sempat ada yang berminat harga Rp 20.000 per kilo ,alamat kabupaten gowa, sulawesi selatan. Hub. 082348084018. Email : uddinsyarif794@gmail.com

      Hapus
    2. saya punya lahan jambu mente lima (5) hektar dan harga per kilo RP 100.000 , yang berminat silakan hubungi nomor 081239378178 Alamat kabupaten sumba barat daya ( NTT)

      Hapus
  3. saya punya lahan mete lumayan luas cm penjualan kurang maximal pak.mohon kerja sama dlm pemasaran
    email:komangdjoyo@yahoo.com

    BalasHapus
  4. kami dari NTB siap bekerja sama dengan pengusaha eksportir. kami memiliki hasil mente melimpah..

    pls contact me.. agus.tiwansyah@yahoo.com
    082359199868 / 08763268819
    terima kasih buat yg punya bloq. salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halow..kami dari pulau wetar apakah pak bisa membeli kacang mente menta

      Hapus
    2. MLM maaf pk saya dari NTB.kcamatan sekotong saya ada mente apakah BPK bisa membeli kacang mente

      Hapus
  5. ass... saya bekerja di kantor pertual office, yang menghubungkan semua kantor dan perusahaan komoditi luar negeri, kami memiliki data perusahaan komoditi luar negri dan komoditi yang mereka minta terhadap perusahaan kami, klo ada pengusaha komoditi dalam negeri yang mau mengeksport keluar negeri, kami bisa membantu menghubungkan satu perusahaan komoditi luar negeri untuk satu komoditi yang anda geluti, anda bisa menghubungi kami: andi samsul bahri
    hub: 0851 4543 1707
    telp: 0411 366 2250
    fax: 0411 366 2101
    atau anda bisa datang langsung ke kantor kami
    regus graha pena
    5th floor, jl.urip sumoharjo no.20
    makassar 90324 indonesia.
    kami akan menjelaskan prosedur yang harus di ketahui oleh setiap pelaku eksportir di indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy punya stock mente 20 ton bisa hub.081246870054

      Hapus
    2. pk saya dari lombok ne kbtulan daerah saya puny penghasil jmbu mente ne pk...bisa nggk diajak krjasamax ne pk...

      Hapus
    3. Maaf pk sya dari Lombok skarang daerah musim jambu mente.apa bsa gk di ajak kerjasama nya..makci

      Hapus
    4. Kami siap exsport pak

      Hapus
    5. Saya dari wonogiri jawa tengah ,produksi kacang mete siap exspor ,tpi terkendala blm ada bayernya pak ,mohon infonya pak kalau bapak bisa mencarikan kami bayer untuk usaha saya .salam sukses info wa ;081385351812

      Hapus
    6. Kami siap exspor pak tpi terkendala blm ada bayernya ,jika bapak bisa membantu saya ,saya dari wonogiri penghasil kacang mete super dengan partai besar.info wa 081385351813

      Hapus
  6. Daerah saya penghasil jambu mete. Saya lagi mencari perusahaan yg membutuhkan jambu mente. Nohon infonya email : iwhant2@gmail.com

    BalasHapus
  7. bisa minta contact personnya? 081285356852, saya kekurangan stok untuk ekspor

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa anda masih butuh kacang mete , kami siap suply 081913823514 jumadi

      Hapus
    2. 081254572807/Natalis Wada
      Kacang Mente, Kabupaten Flores Timur, NTT
      Kecamatan Titehena, Desa Adabang.

      Hapus
    3. Saya menjual mete gelondongan sempat ada yang berminat harga Rp 20.000 per kilo ,alamat kabupaten gowa, sulawesi selatan. Hub. 082348084018. Email : uddinsyarif794@gmail.com

      Hapus
    4. Untuk bpk ibu yg di osin apa msh perlu kebutuhan Mette nya ?

      Hapus
    5. Apakah ada yg butuh biji mete(glondongan) hubungi saya di alamat email hsilham92@gmail.com sekarang kami punya stok 50 ton daerah sulawesi selatan.ini serius terimaksih.

      Hapus
    6. Masih ada banyak kah stok mete nya bos

      Hapus
  8. Saya perlu banyak kacang mete untuk diekspor, constant buyer, tolong kirim spesifikasi dan penawaran anda ke 085781176467/satya.hanif@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Setya Hanif , saya siap suply serius hub 081913823514, jumadi

      Hapus
    2. 081254572807/Natalis Wada
      Kacang Mente, Kabupaten Flores Timur, NTT
      Kecamatan Titehena, Desa Adabang.

      Hapus
    3. Saya menjual mete gelondongan sempat ada yang berminat harga Rp 20.000 per kilo ,alamat kabupaten gowa, sulawesi selatan. Hub. 082348084018. Email : uddinsyarif794@gmail.com

      Hapus
  9. pak bisa kita bekerja sama dalam usaha jambu mete didaerah sy jambu metenya banyak sekali,sy dari daerah sulawesi tenggara.,,ini nomor sy pak 081290727015,,alamat fb muchlas marhaenis lagundi

    BalasHapus
  10. saya nurlia dari sulawesi tenggara. daerah kami salah satu penghasil mete terbesar hanya saja disini harga mete dibeli denganharga sangat rendah sehingga kurang mensejahterakan masyarakat. mohon info email :nurlia_adu@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tertarik mbak, skg harga gelondongan berapa

      Hapus
    2. Assalamualaikum saya dari Kolaka utara ( Kendari ) siapa tau kita butuh kaca mete. Skrg disini lagi musim panen ini no wa saya 085241176825

      Hapus
  11. Kami ada gudang mete di daerah sumbawa dan tambora kwalitas super siap kirim ekspor, bagi eksportir yg butuh mete hubungi kami di wa/085655577211

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kmi dari pengurus bumdes desa focolodorawe,kcmatan boawae,kab.nagekeo,flores kmi mempuyai bnyak stok jmbu...klau ad yg membutuhkn hubungi no hp:082151940203,,kmi tnggu infox.

      Hapus
    3. Mohon bantuan kerjasama untuk mengekspor jambu mete pak,ini saya dari pengelola BUMDES di daerah Kab.sumba Barat Daya,NTT
      jika bisa untuk melakukan kerjasama dapat hibungi saya melalui no.wa 082147133943.
      trmksh atas kerjsamanya

      Hapus
  12. kami punya lahan mete di NTB yg luas dan biji mete berkualitas,, kami perlu imformasi alamat pembelei mete di wilayah surabaya untuk kerja sama. Alex. 082339629612. email. alek310587@gmail.com

    BalasHapus
  13. bagi perusahaan atau pengelola biji kacang mete kami dr penyedia dan pemilik lahan siap untuk memasok atau mengekspor biji kacang mete yang di butuhkan dan cukup berkualitas karna kami langsung pemilik dari lahan atau kebun jabu mete yg cukup luas tersebut. Contact us at 087738763191
    via email kurniawand79@gmail.com

    BalasHapus
  14. Saya pengolah jambu mete, saya butuh kerja sama untuk ekspprt, sy berasal dari sulawesi tenggara hub melalui sms 081241273067

    BalasHapus
    Balasan
    1. suplai untuk mete kupas. serius 085330515199

      Hapus
  15. Saya pengolah jambu mete, saya butuh kerja sama untuk ekspprt, sy berasal dari sulawesi tenggara hub melalui sms 081241273067

    BalasHapus
  16. di daerah saya juga banyak jambu mete saya bisa jadi penghubung jika ada yang beli email teteelusriyanson@gmail.com

    BalasHapus
  17. Saya supplier kacang mete dari glondongan , kupas sampai siap konsumsi .. saya butuh kerjasama untuk ekspor .. saya berasal dari wonogiri terkenal dengan kacang mete yg super.
    Saya juga kacang mete siap konsumsi mulai dari kualitas super , biasa , belah hingga menir ..
    Saya siap kerjasama untuk ekspor ..
    Jika ada yang berminat bisa email gustaeka28@gmail.com

    BalasHapus
  18. Sy mncari eksportir atau supliyer jambu mente...kualitas jmbu mnte muna raha sulawesi tenggara siap mnjdi komoditi yg mnjanjikn

    BalasHapus

  19. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  20. salam kenal Pak,,
    Sambung tali silaturahmi ya Pak
    Hp 081227633302, a. n Wahi
    email:wahidnggorang@gmail.com

    BalasHapus
  21. hubungi 08114102033..jika bapak membuthkan kacang mente..terima kasih

    BalasHapus
  22. Salam kenal.
    Saya dari buton tengah salah satu wilayah yang banyak dijumpai rabaman jambu mente.
    Hingga akhirnya hampir keseluruhan masyarakat memanen jambu.
    Kami mempunyai banyak sekali jambu mente.
    Jika berminat silahkan hubungi 081343285226
    Email lyralisna@gmail.com

    BalasHapus
  23. Saya menjual mete gelondongan sempat ada yang berminat harga Rp 20.000 per kilo ,alamat kabupaten gowa, sulawesi selatan. Hub. 082348084018. Email : uddinsyarif794@gmail.com

    BalasHapus
  24. Kami sedang belajar mengolah minyak kulit mete... mohon bimbingannya bagi yang sudah berpengalaman. 085747333777

    BalasHapus
  25. kami memiliki mete super / medium
    jika berminat mohon hub 085229994067.
    kami tunggu kerja sama nya.

    terima kasih

    BalasHapus
  26. Saya punya mete kupas yg siap jual metah maupun matang..jika ada yg berminat bisa hubungi saya
    Jebrikmalware01@gmail.com

    BalasHapus
  27. Senang bergabung,semoga bisa bermanfaat dalam berbisnis,sekedar info sy punya stok biji jambu mente kupas mohon info untuk penyalurannya

    BalasHapus
  28. Tolong hubungi saya 081041002584 jika berminat kerjasama dalam bisnis biji jambu mente kupas,sekarang lagi ready banyak cuma bingung penyalurannya

    BalasHapus
  29. Saya menyedikan jambu METE kualitas super dan ekxpor bisa hubungi saya 085740806050

    BalasHapus
  30. Sy punya mente yg sudah dikupas 2 ton lebih siapa tau ada yg berminat,bisa hub saya 085282234999

    BalasHapus
  31. Saya dari Sumba NTT kalau ada yang mau kerja sama membeli mente bisa hubungi di no 085253393182

    BalasHapus
  32. Saya Dari Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara, Daerah Kami Salah Satu Wilayah Pemasok Mente terbesar di Daerah Sulawesi Tenggara, Saya Juga Mempunyai Lahan Mente Yang Luas, Jika Minat Mau Kerjasama Hubungi Nomor Saya : 0852-5544-5724, Alamat Email : ervanwasampela5@gmail.com

    BalasHapus
  33. Saya siap datangkan buyer 082178446262

    BalasHapus
  34. Kalau ada buyer yang siap kerjasama untuk membeli Mete bisa hubungi saya WA 081246722757 (CHESAR) Maumere Flores NTT.

    BalasHapus
  35. Pengusaha yg perlu mete kok minim beritanya atau responnya.

    BalasHapus
  36. Butuh mete gelondong 50ton / minggu untuk pabrik, hub. 081227255534

    BalasHapus
  37. mohon informasi untuk eksport kulit jambu mente apa bisa?
    Terimakasih,

    BalasHapus
  38. mohon informasi untuk eksport kulit jambu mente apa bisa?
    Terimakasih,

    BalasHapus
  39. saya memiliki banyak mente dengan kualitas terbaik,kalau bapak/ibu berminta bisa hubung saya di alamat E-mail=marselusmartoyani@gmail.com dan saya akan mengirimkan Sampelnya untuk diteater mkasih

    BalasHapus
  40. Saya ediman dari sulawesi tenggara asal buton utara dimana buton utara penghasil jambu mente terbesar saat ini dan sulawesi tenggara hampir seluruh kabupaten menghasilkan jambu mente seperti kab muna.konsel konawe konut.konawe kepulauan.bombana dll.jika ingin bekerjasama dengan saya untuk export jambu mente hub nomor saya wa/tlp 085145521781

    BalasHapus
  41. mohon info harga jambu mete..sy salah seorang pengumpul di kota kendari,menunggu buyer..stok mulai ada

    BalasHapus
  42. sy benny..dari sultra,menunggu buyer/eksportir jambu mente untuk bekerjasama

    BalasHapus
  43. Saya Mursid dari Lombok,saya ada jambu mente 50ton per bulan

    BalasHapus
  44. Saya ibu darni asal sulawesi tenggara.. tanggetada sampai bopinang kampung saya salah satu penghasil mete terbesar saat ini bisa mencapai ratusan ton perbulan.. kalo ad bayer yang mau kerja sama mohon infox d no wa saya 085145158445 makasih..

    BalasHapus
  45. Saya jual.mete di ntt harha 19rbu noe telpn 081332181552 nama jefry

    BalasHapus
  46. Nama saya jefry saya jual.mete dari ntt dengan harga 19rbu bisa mencapai ratusan ton setiap bulan nya noe telpn saya 081332181552

    BalasHapus
  47. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  48. KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN DARI PERUSAHAAN KEUANGAN ASLI MINGGU TERAKHIR. Email untuk tanggapan segera: Whatsapp +19292227023 drbenjaminfinance@gmail.com

    Saya Nyonya, Leores J Miguel dengan nama, Saya tinggal di Amerika Serikat, yang telah menjadi korban penipuan begitu banyak pemberi pinjaman palsu secara online antara November tahun lalu hingga Juli tahun ini, tetapi saya sangat berterima kasih kepada pencipta saya sehingga dia akhirnya tersenyum pada saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman baru ini yang membuat saya tersenyum di tahun 2020 ini dan dia tidak menipu saya dan juga dengan tidak menipu atau membohongi saya dan teman-teman saya tetapi bagaimanapun perusahaan pemberi pinjaman ini adalah BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE (drbenjaminfinance@gmail.com) memberi saya pinjaman 2% yang jumlahnya $ 900.000,00 dolar Amerika Serikat setelah saya menyetujui syarat dan ketentuan perusahaan mereka dan satu hal penting yang saya sukai dari perusahaan pinjaman ini adalah mereka cepat dan unik. {Dr.Benjamin Scarlet Owen} juga dapat membantu Anda dengan penawaran pinjaman yang sah. Dia juga membantu beberapa rekan saya yang lain. Jika Anda membutuhkan pinjaman asli tanpa biaya / tekanan, dia adalah pemberi pinjaman yang tepat untuk menghapus masalah dan krisis keuangan Anda hari ini. BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE menyimpan semua informasi tentang cara mendapatkan uang dengan cepat dan tanpa rasa sakit melalui Whatsapp +19292227023 Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE adalah tempat yang harus dituju tolong katakan padanya Saya Ny. Leores Miguel mengarahkan Anda Semoga Sukses ....

    BalasHapus
  49. Saya dari , saya punya lahan mete 10 H , tolong kerja samanya biar kami bisa terhubung langsung GPEI Dan Bisa mengeksport biji mete kami dengan benar yg memajukkan Negera KITA

    Muhammadarifin0502@gmail.com
    arfinchiwintara@gmail.com
    Via Whatsapp : 082145722393.

    BalasHapus
  50. Nama saya Ketut Sumiati
    Dari Amlapura, Karangasem Bali, Indonesia
    email:  ketutsumiati907@gmail.com
    nomor whatsapp: +6285854125084
    Hibah Pinjaman: Rp4.000.000.000
    Twitter: @KetutSumiati3

    Semoga Allah terpuji karena membuat rasa sakit saya berakhir melalui ibu yang baik dan jujur, Rika Anderson Lender.

    Baru-baru ini bisnis saya sedang down dan saya telah mencari pinjaman besar untuk menghidupkan kembali bisnis saya.

    Saya telah ditipu berkali-kali, semuanya menjanjikan saya pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan membohongi saya.

    Saya menemukan kesaksian pelanggan ibu Rika Anderson Lender yang jujur ​​​​yang baik di facebook instagram dan blog dan saya menghubungi banyak dari mereka melalui email farahagungs@gmail.com, lestariabyasan@gmail.com, endangnisrina@gmail.com, zulaikhayugesh@gmail.com, mariafadhlan@gmail .com, efiekustiyo@gmail.com, noviaantonous@gmail.com, sabrinaraditya59@gmail.com dari banyak orang yang telah mendapat manfaat dari ibu jujur ​​Rika Anderson Loan Company yang memberi saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp4.000.000.000  miliar.

    Pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya setelah beberapa jam disetujui.

    Bagi yang mencari pinjaman online harus berhati-hati karena 50% pinjaman online palsu. Bagi mereka yang mencari pinjaman, Anda harus menghubungi Perusahaan Pinjaman Rika Anderson.
    Mereka adalah 100% pemberi pinjaman online ibu asli dan jujur,

    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email perusahaan resmi: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Telepon/Whatsapp:  +1(929)526-0086

    BalasHapus