Mengenai Saya

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jawa Timur didirikan pada tanggal 21 Pebruari 1961 dengan Surat Keputusan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 167/SK/XI/66. Tujuan Kami, Mengembangkan Perdagangan Internasional (Ekspor) , Menggiatkan Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) dan Industri, Optimalisasi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia , Meningkatkan Pendapatan Devisa Ekspor Non Migas. Visi dan Misi Kami, Meningkatkan Sumber Daya Manusia , Memperluas Jaringan Pemasaran , Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global , Meningkatkan Nilai Tambah Produk Ekspor

05 Januari 2009

Industri Tekstil Jatim Tahan Krisis


Industri tekstil Jawa Timur tetap bertahan di tengah badai krisis keuangan global.
“Meskipun ancaman PHK tengah membayangi pelaku industri tekstil untuk menghentikan produksi, kami optimistis industri ini bisa berproduksi seperti biasa,” kata Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jatim, Sherlina Kawilarang.
Keoptimisan itu karena sepengetahuan dia, masih ada sebagian perusahaan tekstil di Jatim yang mampu berproduksi selama 24 jam dan 7 hari seminggu.
“Untuk itu, ancaman PHK tidak bisa dijadikan tolak ukur industri tekstil Jatim akan gulung tikar,” katanya.
Menurut dia, ancaman itu bukan karena pengaruh krisis. Tapi akibat sejak awal berdiri, industri tersebut telah berkembang secara tidak sehat.
“Saya berharap, krisis bukan menjadi tameng bagi pelaku industri tekstil di Jatim untuk memberhentikan karyawan,” katanya menuturkan.
Lanjut dia, masih ada solusi bagi mereka untuk mempertahankan usahanya seperti, melakukan efisiensi jam kerja.
“Upaya efisiensi ini bisa dengan mengistirahatkan pekerja ketika mendekati beban puncak, setelah 24 jam berproduksi. Bahkan mereka bisa mengurangi jadwal pembagian kerja dari tiga ‘shift’ menjadi dua ‘shift’,” tambahnya.

Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar